Rabu, 12 Oktober 2016

Agar Gigi dan Gusi Sehat, Ini Asupan yang Dianjurkan Dokter


Jakarta, Selain dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi asupan tepat.

Menurut drg Ratu Mirah Afifah, GCClintDent., MDSc, kesehatan gigi dan perkembangan rahang sangat dipengaruhi oleh jenis dan tekstur makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.

"Bagusnya pilih makanan yang berserat, misalnya buah dan sayur-sayuran. Serat dapat menstimulasi kelenjar ludah dan memberikan efek self-cleansing. Jadi kalau makan serat sisa-sisa makanannya bisa lebih cepat bersih," ujar drg Mirah.

Selain itu, pilih juga asupan yang kaya akan kalsium. Kalsium berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan kekuatan gigi dan tulang.

"Juga asupan kaya akan fluoride, jadi fluoride itu sebenarnya tidak cuma ada di pasta gigi lho. Dia ada juga di minuman, teh misalnya. Tapi buatnya tanpa tambahan gula ya, ini bagus sekali. Ada juga di ikan yang tidak bertulang, misalnya seperti ikan teri," imbuhnya.

Tekstur makanan juga memengaruhi proses pengunyahan, sehingga turut harus dipilih yang tepat untuk membantu berkembangnya rahang. Pilihlah makanan yang bertekstur agak kasar. Buah dan sayuran seperti apel, wortel, kembang kol, dan seledri bisa menjadi pilihan karena teksturnya yang agak kasar dan bertindak seperti sikat gigi saat dikunyah. 

Sementara untuk mendapatkan gigi yang putih, asupan yang bisa Anda pilih di antaranya seperti keju dan sayuran. Buah-buahan seperti jeruk, jeruk bali, jeruk nipis, dan lemon juga membantu 'membilas' gigi Anda secara alami. Stroberi juga bisa menjadi pilihan karena mengandung asam malat, enzim yang mendorong produksi air liur.(ajg/vit)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar