Kamis, 19 Mei 2016

Paparan Bahan Plastik BPA Saat Hamil Bisa Picu Obesitas Anak yang Dilahirkan




New York, Bahan kimia yang disebut biosphenol atau BPA sering digunakan untuk membuat plastik di botol air dan lapisan dalam kaleng. Nah, jika ibu hamil terpapar bahan ini, ditengarai kelak anaknya bakal lebih berisiko obesitas.

Peneliti Columbia Center for Children's Environmental Health (CCCEH) dari Mailman School of Public Health menyebut risiko obesitas pada anak meningkat di usia 7 tahun, jika ibunya terpapar BPA saat hamil.

Dalam penelitiannya, peneliti mengamati 394 pasangan ibu dan anak di New York. Pada ibu, peneliti mengumpulkan sampel urine selama trimester ketiga kehamilan. Dari urine ibu, diketahui paparan BPA-nya.

Sementara pada anak, mulai usia 3 hingga 5 tahun juga diukur konsentrasi total BPA dan metabolitnya. Kemudian di usia 5 hingga 7 tahun, anak-anak tersebut diukur tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang dan massa lemak.



Peneliti juga menyesuaikan data yang didapat dengan faktor sosial ekonomi di lingkungannya. Setelah itu mereka mengambil kesimpulan bahwa paparan BPA saat kehamilan positif berhubungan dengan massa lemak tubuh dan juga lingkar pinggang anak usia 7 tahun. Makin tinggi paparan konsentrasi BPA-nya saat si ibu hamil, makin tinggi juga kadar adipositas atau timbunan lemak tubuh.

Ketika data dianalisis lebih lanjut berdasarkan jenis kelamin, diketahui ada hubungan yang signifikan antara BPA dengan indeks massa lemak dan lingkar pinggang anak perempuan. Sementara pada anak laki-laki tidak ditemukan kaitannya.

Peneliti juga tidak menemukan keterkaitan paparan BPA di masa kanak-kanak dengan risiko obesitas di kemudian hari. Demikian dikutip dari situs Mailman School of Public Health, Columbia University.


Untuk mengurangi paparan BPA, National Institute of Environmental Health Sciences menganjurkan ibu hamil untuk menghindari wadah plastik dengan nomor 3 dan 7. Ibu hamil juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan kaleng. Penting juga untuk memilih wadah kaca, porselen atau yang terbuat dari stainless steel, untuk menempatkan makanan dan minuman panas.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar